Alissa Wahid; Meneladani Gusdur harus paham prinsipnya

Alissa Wahid

Alissa Wahid sebagai Koordinator Jaringan Gusdurian Indonesia mendatangi acara Haul satu dekade KH Abdurrahman Wahid alias Gus Dur yang diadakan oleh Komunitas Gitu Saja Kok Repot Gudurian Pasuruan, 26/01/2020.

Neng Alissa mengawali dengan bercerita bagaimana sosok Gus Dur yang sangat mencintai banyak orang. Bahkan Gus Dur pernah mengatakan kepada Neng Alissa agar tidak selalu berharap mempunyai bapak yang mampu mengutamakan keluarga.

"Alissa, jangan pernah berharap bapakmu ini sama dengan bapaknya orang lain. Jangan terlalu berharap mendapatkan apa-apa dari bapak. Karena keluarga itu masih dalam tahap keempat, bapak harus lebih mengutamakan Islam, Indonesia, Nahdlatul Ulama', baru Keluarga sendiri", ungkap neng alissa seperti yang didawuhkan gusdur.

Putri pertama Gus Dur ini berharap agar orang-orang yang mencintai, berusaha meneladani sosok Gus Dur harus juga mampu tidak bertindak sewenang-wenang atau yang dibahasakan gusdur tidak sampai membatas batasi.

Menurutnya, menjadi sosok pemimpin harus juga mampu mengambil kebijakan yang berorientasi pada kemaslahatan umat sepeti halnya yang diajarkan oleh Gus Dur maupun di Nahdlatul Ulama'. Maka dari itu, jika ada kecintaan untuk meneruskan perjuangannya, harus paham akan prinsip-prinsip yang dipegang teguh oleh gusdur.

"Kita juga harus paham akan prinsip yang dipegang teguh oleh gus dur, seperti halnya spiritualitas. Gus Dur sangat berjuang demi tegaknya islam rahmatan lil alamin tanpa ada embel embel apapun. Pokoknya harus tegak tanpa alasan yang mengikutinya, bukan karena mayoritas dan sebagainya", tuturnya.

Prinsip spiritualitas ini lebih tegas dijelaskan akan selalu nyambung dengan prinsip prinsip selanjutnya.

"Prinsip yang pertama ini nyambung dengan prinsip memperjuangkan martabat kemanusiaan. Bagaimana sosok gus dur yang selalu menjunjung tinggi bahwa kemanusiaan lebih penting dari apapun. Sehingga muncullah prinsip selanjutnya, yaitu keadilan. Keadilan ini menjadi sebuah jalan untuk membangun dan memperjuangkan martabat kemanusiaan", tegas alissa.

Cucu Kiai Wahid Hasyim ini mengakhiri dengan penuh harap agar anak anak muda mampu berjuang karena ada umat dan bangsa yang menunggu. Beliau juga berpesan agar anak anak muda tidak mudah terlena dengan keberhasilannya.

"Kalau sudah kuat jangan sampai terlena, kalau menang jangan sampai jumawa, kalau gagal jangan sampai putus asa", harap alissa.

Komentar