Tempat Bertapa Sang Pecinta Proklamator, Sumenep Launching Goa Soekarno


Masyarakat Indonesia akan kenal terhadap sosok nomor 1 di Indonesia yang pernah menjadi presiden Republik Indonesia. Beliau adalah Ir Soekarno yang bisa juga kita kenal dengan bapak proklamator RI. Beliau sudah lama meninggalkan kita semua untuk selama-lamanya. Namun, baru-baru ini beliau sangat viral terutama di kalangan masyarakat Madura khususnya masyarakat Kabupaten Sumenep.

Hal ini tentunya akan menimbulkan sejumlah pertanyaan kenapa bapak Ir Soekarno viral. Ternyata yang lagi viral adalah nama beliau yang disebabkan oleh adanya destinasi wisata yang baru diresmikan di Kabupaten Sumenep. Bernama Goa Soekarno yang terletak di Desa Panaongan Kecamatan Pasongsongan, Sumenep. Wisata ini baru di Launching Jumat (7/6) sudah banyak di gandrungi oleh para wisatawan yang sudah berjumlah ribuan.
 
Dok Google
Dinamakan Goa Soekarno karena di Goa tersebut pernah didiami seseorang musafir pecinta Soekarno. Berasal dari Kabupaten Jember, musafir tersebut menghabiskan waktu hidupnya dengan bertapa di gua tersebut. Bernama asli Sukardi yang sudah lama di goa tersebut akhirnya menikah dengan perempuan setempat.

Sesuatu yang membuktikan bahwa musafir yang bernama Sukardi itu pecinta proklamor Indonesia adalah dengan adanya gambar-gambar Ir. Soekarno dan bendera merah putih. Selain itu, ranjang tempat tidur almarhum masih bisa dilihat oleh para pengunjung.
Dok Google

Selain sebagai wisata yang terbaru di Kabupaten Sumenep, Goa Soekarno juga merupakan destinasi wisata yang sangat dijaga atau diberi kebijakan dari pihak pengelola untuk para pengunjung agar tidak memakai bawahan di atas lutut. Para pengunjung diharus memaikai pakaian yang sopan yang menjadi ciri khas dari kearifan lokal Sumenep.

Salah satu pengunjung menyampaikan bahwa dia sangat betah berada di dalam goa soekarno. “Suasananya sangat sejuk nan asri. Saya tidak merasakan adanya panas apalagi membosankan, karena disana itu dingin seperti ber AC dan sangat bersih. Keindahan yang dihiasi lampu warna-warni menambah ketentraman hati dan pikiran saya. Pokoknya goa soekarno luar biasa”, jelas awhenks saat ditemui sedang mengambil foto di salah satu background di goa soekarno.
Dok Pribadi
Dok Pribadi






Nah untuk kalian para pembaca dan yang suka travelling ada baiknya dan sangat bijak jika sesegera mungkin untuk mengunjungi goa soekarno. Harga tiket masuknya Cuma 15.000, anda sudah puas dengan segala fasilitas yang tersedia di dalamnya. Ciptakan momen seru dan bermakna di hanya di GOA SOEKARNO SUMENEP MADURA
Dok Google

Komentar

  1. Balasan
    1. Enggeh kak, terima kasih geh. Sempatkan berkunjung ya kak. Heh

      Hapus
  2. Keren nih, dikemas dengan konsep kekinian pulak. Sepertinya tempat yang worth it banget buat dikunjungi ini!

    Gak boleh ngelrwatin nih tempat kalau bermain ke madura

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heheh enggeh mas rahman, monggo untuk mampir kalau ke Madura

      Hapus

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar asalkan tidak meyinggung SARA dan tetap menjaga toleransi demi keharmonisan bersama