Libur Semester, apa yang kalian kerjakan?


Selamat Pagi semuanya. Alhamdulillah pada hari ini, kita semua masih diberikan kesempatan untuk hidup di dunia, semoga segala amal kebaikan bisa kita tingkatkan ke arah yang lebih baik. Di dunia ini, tidak terasa bahwa kita sudah lama. Kita seakan akan masih terus merasa kehidupan yang sangat cepat. Dengan itu, tidak terasa saya sudah 5 bulan menjadi mahasiswa di salah satu kampus yang sering disebut dengan Kampus Berkeadaban (a Civilized University). Memang betul kata orang kalo jadi siswa dan mahasiswa itu beda banget. Dari hal kemandirian, sosial, organisasi, dan yang jelas akademik. Tapi ada satu lagi yang beda antara siswa dan mahasiswa, yaitu liburannya.

Perbedaan tersebut, saya mencoba sedikit bercerita mengenai liburan yang baru pertama kalinya saya rasakan. Liburan mahasiswa itu sangat berbeda jauh dengan liburan ketika saya masih menjadi siswa dulu. Liburan mahasiswa lebih penjang yang berkisar dari satu bulanan. Tetapi, ada perbedaan yang masih mengakar seperti ketika masih menajdi siswa, yaitu mengenai menunggu liburan yang mana akan banyak sesuatu hal yang dibayangkan untuk dilakukan ketika liburannya tiba. Hal yang sudah lazim adalah pengen main game sepuasnya, pulang kampung, liburan ke berbagai tempat wisata, menikmati wifi dibeberapa café, atau ada juga yang menghabiskan untuk organisasinya dan menulis.
Untuk liburan kali ini, saya termasuk kategori yang seperti apa masih belum jelas. Saya hanya memperhatikan kebanyakan dari teman saya yang mempunyai kesibukan tersendiri dalam kesehariannya. Dari kesekian banyaknya yang saya perhatikan, saya bisa tahu apa yang sebenarnya mereka sibukkan.
Dok Google
1.      Ngurus KHS
Hal pertama yang saya temui dari yang disibukkan mahasiswa adalah mengurus KHS. Hal ini sudah lumrah terjadi, karena mereka ingin mengetahui hasil adri bagaimana jerih payahnya yang sudah dilakukan selama satu semester, apa sudah memuaskan atau masih belum mencapai target.

KHS adalah singkatan dari Kartu Hasil Studi yang mana didalamnya memuat nilai dari beberapa mata kuliah. Mungkin ketika kita duduk di bangku sekolah ada yang namanya raport. jadi khs itu sama saja dengan halnya raport yang sering dinanti nanti oleh kesekian banyak mahasiswa.

2.      Sibuk dengan persiapan Herregistrasi
Kejadian kedua yang saya temui adalah kesibukan mahasiswa (kebanyakan semester I) yang sibuk mencari info dan mempersiapkan untuk herregistrasi. Herregistrasi ini adalah cara untuk mendaftar kembali untuk nantinya bisa ikut pada semester berikutnya. Jadi, untuk para mahasiswa baru mungkin hal ini masih cukup asing, sehingga mereka kelihatan tergesa-gesa untuk mengurusi hal tersebut.

3.      Liburan ke Tempat Wisata
Selain mereka yang masih menyibukkan dirinya di dunia kampus, ada pula mahasiswa yang menggunakan liburannya untuk berkunjung ke tempat wisata. Alasannya cukup sederhana, mereka ingin menghilangkan penat yang selama ini sudah dihadapi selama kurang lebih satu semester. Karena, bagi mahasiswa dalam satu minggu itu tidak ada hari libur. Hari libur itu hanya mitos. Jadi tidak heran jika liburan semester selalu dinanti untuk benar-banar liburan ke berbagai tempat wisata yang sekiranya dapat menjadi perantara ketenangan.

4.      Belajar untuk menyongsong Semester berikutnya
Point ini ada hubungannya dengan point pertama. Ketika mereka sudah mendapatkan KHS lalu hasilnya itu masih kurang memuaskan, mereka akan mengklaim bahwa dirinya masih terbilang gagal. Hal ini tentunya sudah banyak diketahui bahwa semesteran anak kuliah dan anak sekolah sangat berbeda. Semester satu (kuliah) sudah terasa kalau kita harus belajar jauh lebih banyak dan lebih luas, dengan waktu yang kurang. Jadi dengan nilai yang masih belum memuaskan itu, kita bisa belajar untuk paling tidak kita menguasai dasar-dasar terlebih dahulu agar dapat mudah menangkap pada kuliah-kuliah mendatang. Kalau mau paham dasarnya, tidak cukup hanya mengikuti "kuliah pengantar" yang durasinya hanya 1,5 jam, karena mahasiswa memang dituntut untuk berkembang secara mandiri.

Mungkin itulah yang saya temui dari yang dilakukan dari kebanyakan mahasiswa selama liburan semester ganjil ini. Untuk kalian yang masih belum berlibur, segerakan buat deadline untuk menikmati liburan kalian. Apa saja yang kalian ingin, yang penting masih baik dan bermakna.

Komentar