6 Cara Menjadi Penulis

Dok Google

Hey para pembaca yang budiman, kebiasan kalian setiap hari itu apa sih? Jika hanya nganggur mendingan ayo kita sama-sama ikuti cara-cara jitu yang bisa menjadi jembatan pengantar kalian menjadi seorang penulis. Gak usah lama-lama mikirnya, langsung ikuti ya. Check this out! 

Pertama, tekadkan diri kalau kamu bangga menjadi seorang penulis. Jadi jangan pernah berkecil hati menjadi seorang penulis, tetap optimis dengan bangga tentu tidak berlebihan ya. It’s a must!
Kedua, melamun. Tetapi jangan sampai melamun hingga pikiran kita kosong, karena hal itu juga tidak akan baik bahkan pikiran kosong dapat kita dimasuki makhluk-makhluk halus. Heheh kurang lebih seperti itu. Melamun sekedarnya sajalah. Kenapa mesti melamun? Karena kebanyakan ide itu muncul (nongol) ketika kita sedang melamun. Lagi-lagi saya katakan jangan sampai terus-menerus ya? Atau kita bisa mendengarkan curhatan teman yang lagi galau karena putus cinta atau lain sebagainya. Kan enak tuh bisa dibuat cerita dengan rangkaian kata seunik mungkin. Listen to the music atau lebih mudahnya dari kisah kamu sendiri. Tentunya, cerita itu kudu seru dong!
Ketiga, sebelum menulis silahkan pilih jalur kepenulisan yang kamu sukai, semisal cerpen, cerbung atau novel. Contohnya kamu pilih novel, nah dalam novel itu kamu juga harus memilih jalur lagi. For example: teenlit, chiclit, metropop, preteen, roman, horor, dan lain sebagainya.
Keempat, silahkan cari tempat dan alat yang nyaman untuk menulis. Menulis bisa di buku tulis maupun di komputer. Hanya saja kalau mau mengirim tulisan ke penerbit baru harus di ketik agar rapi. Tapi anggaplah tenang, kan banyak teman atau rental yag bisa dimintai tolong. Sekarang yang terpenting adalah keluarkan semua ide-ide kamu dengan tulisan.
Kelima, Untuk kamu yang masih sekolah, usahakan menulisnya ketika weekend atau liburan, agar tidak mengganggu konsentrasi belajarnya. Tetapi kalau tidak merasa demikian ya tidak ada salahnya. Intinya adalah bisa mengatur waktu atau punya skala prioritas ya. Kalau bisa tiap hari yaa why not.
Keenam, yang sering dikeluahkan oleh penulis pemula adalah cara membuka kata-kata menulisnya. Padahal sangat banyak cara untuk memulainya. Sebagai contoh, bisa dimulai dengan, matahari kembali menjalankan tugassnya diufuk timur. Tampaklah pada remang-remang cahayanya, oorang-orang keluar menyambutnya. Dan seterusnya kalian bisa kembangkan sendiri. Hal ini tentunya akan membuat kesan para pembaca untuk sedikit menelusuri makna terselubung dari tulisanmu. Tetap nikmati saja nulisnya dan jaga moodnya agar tidak drop.
Apa sih yang gak mungkin selama kita mau berusaha. Tapi ingat tetep berdoa pada Tuhan YME, bantu orang tua dan bantu orang yang gak mampu. Udah jangan berkhayal mulu. Bikin mimpimu jadi nyata!!!

Komentar