Langsung ke konten utama

6 Cara Menjadi Penulis

Dok Google

Hey para pembaca yang budiman, kebiasan kalian setiap hari itu apa sih? Jika hanya nganggur mendingan ayo kita sama-sama ikuti cara-cara jitu yang bisa menjadi jembatan pengantar kalian menjadi seorang penulis. Gak usah lama-lama mikirnya, langsung ikuti ya. Check this out! 

Pertama, tekadkan diri kalau kamu bangga menjadi seorang penulis. Jadi jangan pernah berkecil hati menjadi seorang penulis, tetap optimis dengan bangga tentu tidak berlebihan ya. It’s a must!
Kedua, melamun. Tetapi jangan sampai melamun hingga pikiran kita kosong, karena hal itu juga tidak akan baik bahkan pikiran kosong dapat kita dimasuki makhluk-makhluk halus. Heheh kurang lebih seperti itu. Melamun sekedarnya sajalah. Kenapa mesti melamun? Karena kebanyakan ide itu muncul (nongol) ketika kita sedang melamun. Lagi-lagi saya katakan jangan sampai terus-menerus ya? Atau kita bisa mendengarkan curhatan teman yang lagi galau karena putus cinta atau lain sebagainya. Kan enak tuh bisa dibuat cerita dengan rangkaian kata seunik mungkin. Listen to the music atau lebih mudahnya dari kisah kamu sendiri. Tentunya, cerita itu kudu seru dong!
Ketiga, sebelum menulis silahkan pilih jalur kepenulisan yang kamu sukai, semisal cerpen, cerbung atau novel. Contohnya kamu pilih novel, nah dalam novel itu kamu juga harus memilih jalur lagi. For example: teenlit, chiclit, metropop, preteen, roman, horor, dan lain sebagainya.
Keempat, silahkan cari tempat dan alat yang nyaman untuk menulis. Menulis bisa di buku tulis maupun di komputer. Hanya saja kalau mau mengirim tulisan ke penerbit baru harus di ketik agar rapi. Tapi anggaplah tenang, kan banyak teman atau rental yag bisa dimintai tolong. Sekarang yang terpenting adalah keluarkan semua ide-ide kamu dengan tulisan.
Kelima, Untuk kamu yang masih sekolah, usahakan menulisnya ketika weekend atau liburan, agar tidak mengganggu konsentrasi belajarnya. Tetapi kalau tidak merasa demikian ya tidak ada salahnya. Intinya adalah bisa mengatur waktu atau punya skala prioritas ya. Kalau bisa tiap hari yaa why not.
Keenam, yang sering dikeluahkan oleh penulis pemula adalah cara membuka kata-kata menulisnya. Padahal sangat banyak cara untuk memulainya. Sebagai contoh, bisa dimulai dengan, matahari kembali menjalankan tugassnya diufuk timur. Tampaklah pada remang-remang cahayanya, oorang-orang keluar menyambutnya. Dan seterusnya kalian bisa kembangkan sendiri. Hal ini tentunya akan membuat kesan para pembaca untuk sedikit menelusuri makna terselubung dari tulisanmu. Tetap nikmati saja nulisnya dan jaga moodnya agar tidak drop.
Apa sih yang gak mungkin selama kita mau berusaha. Tapi ingat tetep berdoa pada Tuhan YME, bantu orang tua dan bantu orang yang gak mampu. Udah jangan berkhayal mulu. Bikin mimpimu jadi nyata!!!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Strategi komunikasi dalam membangun jaringan (berpikir strategis dan bertindak taktis)

  Perjalanan panjang dalam dunia kampus, banyak orang yang mengikrarkan dirinya sebagai mahasiswa, tentu tidak akan lepas dengan berbagai persoalan, baik internal maupun eksternal. Faktor internal bisa dikategorikan dengan kurang keberanian pada diri sendiri, keluarga yang kurang mendukung, dan lingkungan yang kurang bersahabat. Sedangkan eksternal bisa terjadi pada semua   persoalan yang ada dalam dunia akademik, seperti kurang respect terhadap orang baru, sulit mencerna dunia luar, dan lain sebagainya. Persoalan yang sedemikian banyak, sudah tidak bisa dihitung dengan jari, ternyata cukup mampu ditepis dengan keaktifan di organisasi. Kehadiran organisasi sebagai salah satu pilihan bagi mahasiswa untuk mengembangkan dirinya, sudah tidak perlu diragukan. Mulai dari tingkat sekolah dasar hingga perguruan tinggi, mucul banyak organisasi dengan latar belakang kemunculan dan tujuannya, diperkenalkan kepada kita sebagai elemen dari instansi pendidikan tersebut. Di era sekarang, yang penu

Catatan untuk seorang perempuan yang berani berdiri diatas kakinya sendiri

Kartini, sosok perempuan hebat masa lalu Nama dan perjuangannya adalah sesuatu yang baru Perempuan cerdas dalam pusaran orang-orang yang tidak tahu Bergema, menentang budaya dan aturan yang kaku   Jiwanya memberontak terhadap sejarah yang mulai membeku Berdiri dan berlari, melawan arus untuk lebih maju Semuanya merupakan warisan besar untuk perempuan abad 21 Untuk itu, sebuah refleksi, apakah kita mampu untuk meniru   Perempuan abad 21, harus banyak memberi kontribusi Di kala semua orang terpaku pada ajaran yang sudah basi Perempuan layaknya kartini yang selalu menginspirasi Cahaya terang untuk semua kalangan lintas generasi Ia yang tidak mudah untuk didominasi oleh para laki-laki   Karya, adalah modal utama perempuan masa kini Cerdas dan visioner adalah sebuah visi Akhlakul karimah sebagai penunjang untuk lebih mumpuni Menuju perempuan berdaya dan mandiri yang punya harga diri Layaknya seorang ibu bernama kartini   Wahai para kartini baru, j

Pembukaan Osabar 2021, KH Zuhri Zaini Jelaskan Pesantren dan Santri Zaman Nabi

  Kegiatan rutin tahunan Orientasi Santri Baru (OSABAR) Pondok Pesantren (PP) Nurul Jadid kembali digelar. Osabar yang akan dilaksanakan selama 5 hari, 11 – 15 Juli 2021, digelar di Aula 2 bagi santri putra dan Aula 1 bagi santri putri. Pengasuh PP Nurul Jadid, KH Moh Zuhri Zaini, menyampaikan selamat datang kepada para santri baru baik yang sudah maupun belum pernah mondok. “Mudah-mudahan anda-anda sekalian selalu mendapat pertolongan dari Allah SWT sehingga bisa kerasan di pondok ini dan bisa melaksanakan kegiatan dengan baik, serta diberi kesehatan dan hidayah dari Allah,” harapnya. Selain itu, Kiai Zuhri menuturkan bahwa pondok pesantren adalah lembaga pendidikan yang berbasis keislaman. “Khusus di Indonesia tentu berbasis masyarakat dan kebangsaan,” jelasnya. Lebih lanjut, Kiai Zuhri juga menjelaskan bahwa cikal bakal pondok pesantren sudah ada sejak zaman Nabi Muhammad SAW. Menurutnya, Nabi tidak hanya diutus sebagai rasul namun juga menjadi muallim (red, pengajar).