Moment Tahun Baru, Terngantung Selara Orang yang Merayakan

Hi people! How was your day? Pasti lagi sibuk-sibuknya mempersiapkan diri menyongsong UAS kan? Atau lagi sibuk dengan kerjanya masing-masing?


Iya sepertinya memang kayak gitu. Disamping kesibukan kalian, entah apa saja itu, jangan lupa untuk meluangkan waktu beristirahat sejenak dan menghibur diri. Perlu kalian ingat bahwa kalian bukanlah Robot yang tidak pernah "merasa". Kalian adalah manusia yang mengenal lelah tapi jangan sampai mengenal kata menyerah.


Manusia memang selalu dengan kesibukannya setiap hari, bahkan nambah dengan kerja sampai malam. Baik itu karena keharusan dan waktunya, atau hanya karena kejar deadline saja. Meskipun kalian sibuk dengan semuanya itu, jangan terlalu dipikirkan nanti bisa stress, namun jangan sampai jauh juga dari pikiran nanti malah keteteran.


Sekarang sudah tanggal 31 Desember 2018 kawan, akhir tahun lho. Hal ini menandakan bahwa nanti malam akan ada suasana malam yang baru. pembukaan kalender baru pun akan segera dimulai. Yaaa, 1 januari 2019 akan segera tiba, tinggal hitungan menit saja.


Malam tahun baru, banyak orang yang merencanakan dengan sesuatu yang spesial. Maksudku, ikut serta dengan menggelar acara atau pergi ke suatu tempat terntentu. Bercengkerama dengan keluarga, teman, atau siapapun itu yang ditemuinya. Saling bertukar pikiran dan pengalaman. Mengenang hari-hari bersejarah yang pernah dilakukan. Begitupun dengan membangun mimpi-mimpi sebagai penyongsong hari-hari di tahun depan.


Kebiasaan perayaan tahun baru di Negara Indonesia sangat berbeda-beda, sesuai dengan orang yang ingin merayakannya. Ada yang merayakan dengan menyulut kembang api, ada yang hanya bakar-bakar ikan, atau sebatas berkumpul bersama keluarga di tempat-tempat yang nyaman, seperti halnya tempat wisata.


Bagi seorang santri yang hidup dalam Pesantren, tentunya tidak akan merayakan hal-hal yang demikian. Malam itu, lebih diisi dengan kegiatan yang lebih membawa manfaat. Seperti halnya dengan shalawatan atau membaca tahlil kepada para ahli kubur kita semua.


Seperti yang aku katakan bahwa perayaan semacam  itu tergantung siapa yang merayakannya. Tergantung siapa yang ingin menikmatinya, dan tergantung seperti apa selera moment yang disukainya.


So, saat ini mau kemana sihhh? Kalau boleh tahu sama siapa? Moment tahun baru lho?


SELAMAT TAHUN BARU 2019
Semoga moment pergantian tahun baru ini, kita dapat mengevaluasi diri sehingga menjadi insan yang lebih baik kedepannya

Komentar