Perang Dingin



Perang dingin adalah sebuah era dimana terjadi konflik, ketegangan dan kompetisi antara dua negara adidaya, yaitu Amerika Serikat dan Uni Soviet. Perang ini terjadi antara tahun 1947 sampai tahun 1991. Awalnya Amerika Serikat dan Uni Soviet bersekutu melawan Jerman pada Perang Dunia II. Namun setelah perang berakhir, Amerika Serikat dan Uni Soviet mengalami perbedaan yang justru menjadi pertentangan antara kedua negara tersebut. Pertentangan demi pertentangan yang terjadi antar dua negara tersebut menimbulkan persaingan. Persaingan antar keduanya menyangkut berbagai bidang seperti bidang ekonomi, politik, koalisi militer, industri, pengembangan teknologi, pertahanan, persenjataan dan lain sebagainya.

Dikabarkan bahwa perang ini akan berakhir dengan nuklir namun nyatanya tidak terjadi. Istilah “Perang Dingin” itu sendiri diperkenalkan oleh Bernard Baruch dan Walter Lippman asal Amerika Serikat pada tahun1947 untuk menggambarkan ketegangan yang terjadi antara dua negara adidaya tersebut. Walau disebut perang, namun belum peranh terjadi konflik terbuka antara kedua negara yang bertikai.

Dari perselisihan antara keduanya terbentuklah blok timur yang dikuasai oleh Uni Soviet dan blok barat yang dikuasai oleh Amerika Serikat. Untuk menjaga pertahanan militer blok membentuk organisasi yang dikenal dengan NATO atau North Atlantik Treaty Organization. Sedangkan blok timur membentuk Pakta Warsawa sebagai organisasi dari negara-negara yang tergabung. Negara-negara yang masih mempunyai jiwa netral memilih untuk tidak memihak kepada siapapun dan membenttuk Negara Non Blok.



Untuk memiliki versi lengkapnya bisa klik link di awah ini:




Komentar