HIMAPRODI KPI UNUJA

Institut Agama Islam (IAI) Nurul Jadid merupakan Perguruan Tinggi yang berada di lingkungan Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton. Semuanya pasti sudah mengenalnya, dan tentunya nama itu sudah tidak asing lagi kedengarannya. IAI Nurul Jadid juga merupakan Perguruan Tinggi tertua yang lahir di lingkungan Pondok Pesantren Nurul Jadid, yang mana sudah ada 3 Fakultas yang dinaunginya, yaitu Fakultas Tarbiyah, Fakultas Dakwah dan Ushuluddin, dan Fakultas Syariah. Dalam 3 fakultas inilah sudah ada belasan prodi atau jurusan, salah satunya Program Studi (Prodi)  Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI). Prodi KPI ini termasuk prodi tertua yang ada di IAI Nurul Jadid.


Setiap jurusan yang ada diberbagai kampus, baik Negeri maupun Swasta pasti mempunyai organisasi yang beranggotakan semua mahasiswa baik Mahasiwa Baru (Maba) maupun yang senior pada jurusan tersebut. Organisasi ini dikenal dengan HMJ atau Himpunan Mahasiswa Jurusan. Jadi, semua mahasiswa di salah satu jurusan tersebut dikumpulkan dalam satu organisasi untuk bisa saling berbagi ilmu atau pengalaman.


Beberapa tahun terakhir ini, HMJ lebih dikenal dengan sebutan Himpunan Mahasiswa Program Studi (Himaprodi/HMP). Pada organisasi intra kampus inilah, mahasiswa di semua angkatan yang masih berada dalam satu prodi melakukan kajian-kajian. Di IAI Nurul Jadid, HMP KPI berdiri pada tahun 2012 yang didirikan oleh Khalidi dan kawan-kawan. Beliau merasa penting membuat wadah yang berbentuk organisasi inta kampus ini, tidak lain adalah untuk mengembangkan potensi dan membentuk kualitas individu dalam kegiatan praktis sebagai output dari proses akademik perkuliahan di kelas. Itulah salah satu tujuan kenapa hmp kpi didirikan. 


Prodi kpi memang lebih kepada praktek dari pada teori, tidak seperti prodi lain yang hanya teori tanpa banyak praktek. Karena sesuai dengan namanya yaitu komunikasi, maka mahasiswa harus lebih banyak dilatih bagaimana menjalin komunikasi yang baik. Seterusnya penyiaran islam, dimana mahasiswa kpi juga lebih banyak dipraktekkan bagaimana melakukan penyiaran atau berdakwah yang baik, sesuai dengan ajaran Agama Islam.

Dari mahasiswa yang Komunikasi dan juga diembel-embeli dengan Penyiaran Islam, maka hmp kpi IAI NJ melaksanakan kegiatan rutin untuk disuguhkan kepada mahasiswa kpi terlebih pada mahasiswa barunya. Hal ini tidak lain untuk menerapkan komunikasi yang efektif dan dakwa yang efektif. Adapun kegiatan di hmp meliputi; Kajian, Praktik, Workshop, Seminar dan Produksi. Jadi dengan adanya kegiatan tersebut, diharapkan mampu membentuk karakter mahasiswa kpi yang progresif.


Sederhananya dalam kegiatan rutin Hmp Kpi, ada tiga titik fokus yang bisa diikuti oleh mahasiswa kpi yaitu Public Speaking (penyiaran atau dakwah), Broadcasting (fokus perfilman) dan Jurnalistik (fokus pada kepenulisan baik media cetak maupun online). Dengan tiga fokus kegiatan rutin tersebut, mahasiswa kpi di bimbing oleh para senior dan juga mendatangkan pemateri dari luar untuk memberikan fasilitas ilmu yang sesuai dengan minat mahasiswanya.

Ada beberapa output dari kegiatan hmp kpi, yang berupa:
1. Film Pendek dengan judul Broedin (2016)
2. Video Klip FIRHAZ (2015)
3. Channel Youtube (Mimbar Mahasiswa)
4. Kabar seputar Nurul Jadid di UNUJA NEWS
5. Dll.
Jadi itulah sekilas perjalanan yang sudah ditempuh oleh HMP KPI, yang sekarang ini sudah berada di naungan Fakultas Agama Islam Universitas Nurul Jadid (UNUJA)[1]



[1] UNUJA adalah perguruan tinggi swasta yang merupakan gabungan (marger) dari 3 perguruan tinggi yang berada di Pondok Pesantren Nurul Jadid Probolinggo yaitu IAI NJ, STT NJ dan STIKES NJ yang diresmikan langsung oleh Kemenristek dikti pada 29 Oktober 2017.

Komentar