Kuliah lan Nyantri



            Perjalanan pendidikan, penulis selalu tempuh di kampung sendiri. Mulai dari SD, MTs dan MA, semua dijalani ditanah kelahiran, Kecamatan Giligenting. Berbeda dengan My Cousin, yang kesemuanya sudah pernah merasakan pendidikan luar dan nyantri diluar tanah kelahiran.

            Selama belasan tahun ini, tidak pernah terlintas dalam pikiran saya untuk nyantri. Penulis hanya berkeinginan untuk kuliah disalah satu kampus negeri ternama di Kota Surabaya. Kampus tersebut sudah lama sekali menjadi idaman penulis. Bahkan nama dan logonya sudah terpajang dalam kamar pribadi penulis, agar bisa terus menerus diingat dan memicu semangat untuk terus diperjuangkan.

            Padahal sejauh ini, saya sudah sangat mantap dan yakin dengan kampus di Surabaya itu, tetapi entahlah kenapa pada 4 juni kemarin ada keinginan untuk mondok dan tiba-tiba sangat menggebu-gebu. Pesantren yang dipilih adalah salah satu Pondok Pesantren terkenal di Probolinggo.
           Pada saat itu juga, tiba-tiba terlintas bahwa tidak apa-apa tidak diterima di kampus Surabaya asalkan bisa nyantri di pesantren yang telah saya pilih. Meskipun selama ini tidak pernah melirik ke kampus lain, tapi penulis selalu yakin bahwa inilah jalan saya, sebuah jalan yang sudah menjadi skenario Allah SWT.

            Hal ini terbukti ketika pengumuman UM-PTKIN 2018 pada tanggal 10 Juli 2018 yang mana tercantum bahwa saya tidak diterima di kampus Surabaya tersebut. Pada saat itu saya semakin yakin dan bersemangat untuk melanjutkan nyantri di salah satu pesantren yang menjadi pilihan saya.

            Alhamdulillah keinginan kuat untuk kuliah dan nyantri saya mendapat dukungan dari pihak keluarga besar. Tentunya semangat akan semakin membara layaknya api yang sedang berkobar-kobar. Pihak keluarga hanya berpesan bahwa jalani apa yang menjadi jalanmu, jangan mudah goyah pada perkataan orang lain dan tunjukan bahwa kamu juga bisa. Semua keluarga meridhaimu untuk melanjutkan pendidikanmu, insya allah pesantren adalah tempat terbaik untukmu.

Komentar