Ragu yang Semakin Menyergap


Ragu semakin menyergapku! Aku tidak yakin pada semua ini! Ahhh itu mah kata-kata orang yang tidak percaya pada dirinya sendiri. Ragu hanya ada pada orang yang tidak percaya pada dirinya sendiri dan tidak akan pernah ada pada orang yang selalu percaya diri. Dalam hidup kita tidak boleh hanya pasrah, pasrah dan pasrah serta menyerah pada takdir. ketika dalam diri kita yang ada hanya keraguan yang semakin menyergap maka distulah kita harus melangkah dan bangkit.


Hidup di dunia ini, kita pasti mempunyai yang namanya tujuan hidup. Pasti ada sesuatu yang ingin kita raih dalam hidup kita. Tapi apakah semua itu bisa kita raih dengan hal yang mudah atau harus penuh dengan perjuangan. Memang ada orang yang bisa mencapai sesuatu yang diinginkan dengan cara  yang sangat mudah tapi juga ada orang yang sudah sekian lama berjuang tapi belum juga mendapatkan apa yang dia inginkan. Kita sebagai manusia ciptaan Allah yang sempurna tidak boleh mudah putus asa ketiga mengalami kegagalan karena kegagalan adalah awal dari keberhasilan. Bolehlah kita orang yang biasa-biasa saja, kita orang kelas menengah ke bawah, tidak mempunyai begitu lengkap akan fasilitas tapi yakinlah dalam hati dan tidak boleh ada rasa ragu bahwa kita juga bisa. Teruslah maju kedepan untuk menggapai apa yang kita inginkan.

Firman Allah dalam Al-Quran surah Asy-Syarh ayat 5-6 yang artinya : “Maka sesungguhnya dalam kesulitan ada kemudahan. Sesungguhnya dalam kesulitan ada kumudahan”. Dari ayat tersebut sudah jelas bahwa meskipun kita sedang dilanda kesulitan dalam memperjuangkan sesuatu tapi selagi kita yakin maka, pasti disitulah kemudahan akan datang juga. Cukuplah pada ayat itu kita berpegang teguh dalam menggapai sesuatu yang ingin kita capai. Percayalah  bahwa Allah akan memberi jalan keluar disetiap kesulitan atau kesusahan yang kita temui. Memperjuangkan sesuatu memang tidak semudah membolak-balikkan telapak tangan, hal itu harus didasari dengan adanya kesabaran tetapi jika Allah berkehendak atas yang kita perjuangkan maka akan sangat mudah sekali hal itu bisa terwujud.

Masih ingatkah dengan sosok penemu lampu listrik yang bernama Thomas Edision. Dia menemukan lampu listrik bukan dengan hal yang sangat mudah dan dia bukan hanya 1, 2 atau 3 kali mengalami kegagalan dalam usahanya itu. Dia mengalami kegagalan sampai 999 kali dan baru berhasil dalam usahanya yang ke 1000 kali. Kenapa seorang Thomas edision itu masih tetap berusaha meskipun sudah banyak mengalami kegagalan? Jawabannya hanya karena Thomas Edision mempunyai tekad dan keyakinan pada dirinya bahwa dia akan menemui titik keberhasilan yang akan dia raih dan tidak pernah ada rasa ragu dalam dirinya bahwa dia tidak akan berhasil.

Dalam perjuangan Thomas edision yang sangat luar biasa itu, bisa dijadikan sebagai acuan bahwa dimana ada kemauan disitulah ada jalan. Tidak perlu ragu untuk melakukan sesuatu, selagi kita mempunyai niat yang baik insya allah akan selalu ada jalan untuk usaha kita.

Komentar