Kreasi Baru Anak BSC



Sejumlah anak BSC (Bringsang Selatan Community) saat ini banyak bergelut dibidang pembuatan nama menggunakan karton dan gabus. Hal ini menjadi sebuah rutinitas dalam kesehariannya. Mereka menganggap hal ini merupakan sebuah pekerjaan yang sangat menyenangkan yang bisa membuat dirinya lebih baik untuk berkreasi. Seperti yang  disampaikan oleh Agus Salim selaku ketua dalam project ini “Saya senang berkreasi sudah sejak SD kelas IV yaitu sekitar tahun 2010 an. Saya senang terhadap ini semua karena bakat dari Alm kakek saya, beliau adalah orang yang menjadi panutan saya dalam belajar berkreasi. Beliau suka berkreasi dengan memanfaat bahan dari bambu dimana pada saat itu sangat banyak diminati oleh para tetangga saya. Mereka para tetangga sering kali menyuruh kakek saya untuk dibuat sesuatu sesuai yang mereka minta. Sehingga hal itu mendorong saya untuk berkreasi bahkan kalau bisa lebih dari hal itu. Makanya sekarang saya mencoba untuk membuat nama dari kertas karton dan gabus”.

Pembuatan nama itu sudah sejak lama mereka kerjakan. Mereka juga sering membuatnya ketika ada kegiatan disekolahnya. Kerana setiap  ada kegiatan disekolahnya merekalah yang selalu disuruh untuk membuatnya seperti banner. Bukan hanya itu mereka juga bisa menerima barang kali ada pesanan dari acara hajatan seperti walimatul ursy, khitanan, walimatus safar dan lain sebagainya. “Kami melakukan pekerjaan ini karena pada awalnya kami senang. Selain itu kami juga bisa menolong orang yang membutuhkan terhadap pembuatan nama sperti ada acara hajatan  dirumahnya” tutur nurul efendi salah satu anggotanya.

Dalam pekerjaannya pun mereka selalu bersemangat meskipun lelah karena disiang hari mereka harus sekolah dan kerja yang lainnya. Biasanya mereka mengerjakan hal ini pada malam hari ketika pulang ngaji yaitu sekitar pukul 20:00 sampai jam 02:00 malam bahkan mereka pernah mengerjakannya sampai pagi hari karena dikejar oleh deadline.

Nurul juga menambahkan “Berkreasi adalah satu cara kami untuk mendobrak zona nyaman kami. Dengan berkreasi kita bisa melatih diri kita  untuk berfikir kritis. Dengan berkreasi kita mempunyai kebanggaan tersendiri atas hasil cipta kami sendiri bukan terus menerus kita bangga pada karya orang lain. Dengan berkreasi hidup kita akan semakin berwarna dengan adanya sejuta inspirasi”.

Maka dari itu, penulis menyimpulkan bahwa kreasi adalah salah satu seseorang untuk mengembangkan bakatnya dibidangnya itu. Dengan berkreasi seseorang akan menjadi hidup lebih hemat dan sederhana. Mereka bisa menggunakan seribu cara untuk mengubah barang bekas yang tidak ernilai dan tidak berguna menjadi sesuatu yang mempunyai nilai seni dan nilai jual yang tinggi.

”A Y O   B E R K R E A S I   B U K A N   H A N Y A   S E N S A S I”

Komentar