Perang Diponegoro




Seperti yang telah kita ketahui bahwa sebelum tahun 1945 negara Indonesia dijajah oleh Bangsa-bangsa Eropa. Pertama kali mereka mendatangi Nusantara adalah untuk niat berdagang sehingga mereka disambut baik oleh masyarakat daerah yang didatanginya. Tetapi, pada akhirnya mereka tidak lagi ada niat baik untuk berdagang yang saling menguntungkan karena mereka hanya ingin menguntungkan dirinya sendiri dan menyengsarakan rakyat nusantara, dengan kata lain mereka hanya untuk merampas kekayaan rakyat Nusantara dengan membeli barang rakyat dengan harga yang cukup murah.

Sekian ratusan tahun rakyat Nusantara sudah dibodohi oleh Bangsa-bangsa Eropa. Banyak dari rakyat Nusantara yang hidup sengsara, mati kelaparan sejak kedatangan Bangsa Eropa. Padahal kedatangan bangsa-bangsa Eropa ke Nusantara sudah disambut baik, mereka sudah mendapatkan kekayaan rakyat Nusantara tetapi mereka tidak membalas yang sebanding kepada rakyat. Maka dari itu timbullah konflik antara rakyat Nusantara dengan bangsa-bangsa Eropa.

Meskipun rakyat Nusantara sudah diperlakukan secara tidak wajar, mereka tidak hanya tinggal diam. Rakyat-rakyat daerah yang dikuasai oleh bangsa Eropa melakukan penyusunan strategi untuk melakukan penyerangan dan mengusirnya dari daerah tersebut. Seperti halnya perang diponegoro yang dilakukan oleh penduduk jawa dibawah pimpinan Pangeran Diponegoro. Perang ini merupakan salah satu pertempuran terbesar yang pernah dialami oleh Belanda selama masa pendudukannya di Nusantara. Mereka bertempur melawan bangsa penjajah hanya untuk mempertahankan dan demi kemerdekaan NKRI. Mereka semua berjuang dan rela mati sampai titik darah penghabisan.

Mereka semua para pahlawan hanya merasakan pahitnya dan tidak pernah merasakan manisnya menjadi rakyat Nusanatara. Tetapi kita para penerus bangsa ini yang tidak pernah ikut mempertahankan bangsa ini yang merasakan manisnya. Maka dari itu kita harus punya sikap Nasionalisme yang tinggi untuk menjaga, merawat dan mengamalkan amanat para tokoh-tokoh pahlawan kita. Kemerdekaan ini ada, karena ada semangat perjuangan untuk merdeka dari para pahlawan.



Dapatkan versi lengkapnya dengan klik tombol dibawah ini:


Komentar